h1

‘Persebaya LPI’ Berubah Persebaya 1927

Januari 10, 2011

SURABAYA – Persebaya Surabaya versi Liga Primer Indonesia (LPI) akhirnya harus mengakui ketangguhan Persebaya Surabaya versi Divisi Utama. Bukan soal pertandingan, melainkan pemakaian nama resmi klub.

Persebaya LPI terpaksa berganti nama menjadi Persebaya 1927 demi mendapatkan izin pertandingan LPI kontra Bandung FC di Gelora 10 November Tambaksari, Surabaya. Sedangkan nama Persebaya Surabaya tetap menjadi milik Persebaya versi Divisi Utama.

Sebenarnya ini sebuah kerugian besar bagi Persebaya LPI karena berdasar legalitas yang ada, merekalah yang lebih berhak memakai nama Persebaya Surabaya. Namun tak ada yang bisa dilakukan PT Pengelola Persebaya karena itu permintaan Kapolda Jatim Irjen Badrodin Haiti.

Kapolda Jatim meminta ada perbedaan nama antara Persebaya LPI dengan Persebaya Divisi Utama, yakni dengan menambah nama di belakang Persebaya. Semula ada dua opsi, yakni menambah kata ‘Indonesia’ atau ‘1927’. Angka 1927 adalah tahun berdirinya Persebaya.

Karena kata ‘Indonesia’ sudah akrab dengan Arema Indonesia, maka Persebaya memilih angka 1927 untuk ditambahkan. “Saya pikir penambahan angka 1927 tidak ada masalah. Sebab angka itu mempunyai nilai historis bagi Persebaya,” ujar CEO PT Pengelola Persebaya Llano Mahardika.

Nama baru itu langsung dikirim ke Badan Olahraga Peofesional Indonesia (BOPI) untuk pengesahan. Selanjutnya BOPI melayangkan persetujuan yang menjadi rujukan permohonan izin ke Polda Jatim. Akhirnya, pihak kepolisian tak keberatan memberikan izin pertandingan.

Tak kurang 1500 personel polisi dari Polrestabes Surabaya dan Polda Jatim mengamankan Gelora 10 November. “Sudah ada izin pertandingan. Yang diminta kepolisian hanya perbedaan nama saja. Kita akan menurunkan personel untuk pengamanan,” papar Kapolrestabes Surabaya Kombespol Choki Manurung.
(wei)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: